Perlu Anda ketahui bahwa sekarang ini kegiatan bisnis di Indonesia sudah semakin maju. Ini dikarenakan sudah sadarnya mereka tentang pengaplikasian teknologi di dalam bisnisnya.
Salah satu platform yang sering digunakan sekarang ini adalah ERP Enterprise Resource Planning yang fungsinya adalah penunjang kegiatan operasional.
Ada banyak sekali aplikasi ERP yang ada di Indonesia dan umum digunakan untuk berbagai sektor bisnis atau bahkan pemerintahan sekalipun. Untuk mengetahuinya, Anda bisa menyimaknya di dalam artikel ini dan temukan aplikasi ERP yang cocok untuk Anda!
Sebelum membahas tentang aplikasi ERP yang sering digunakan di Indonesia. Mari ketahui terlebih dahulu apa itu ERP.
Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah solusi perangkat lunak yang dirancang untuk mendukung perusahaan dalam mengelola berbagai proses bisnis secara terpadu dan otomatis. Dengan memanfaatkan aplikasi ERP, perusahaan dapat:
Aplikasi ERP menjadi pilihan penting bagi perusahaan yang ingin menghadapi tantangan bisnis modern dengan solusi yang praktis dan efisien.
Perlu Anda ketahui, ERP ini bisa memiliki banyak fitur. Maka dari itu Anda bisa menyesuaikan dengan industri yang Anda miliki. Akan tetapi, pada dasarnya ada beberapa fitur utama yang harus ada pada aplikasi ERP, di antaranya:
Modul manufaktur dalam ERP membantu mencegah downtime alat berat, meningkatkan efisiensi, dan memastikan kualitas produk. Sistem ini melacak bahan baku yang dibeli, memastikan persediaan selalu tersedia, sehingga proses produksi tidak terhambat.
ERP, yang berawal dari konsep MRP (Material Requirements Planning), dirancang untuk merencanakan kebutuhan bahan baku dengan lebih baik, mendukung produksi, pembelian, dan pengiriman barang. Dengan fitur ini, perusahaan dapat memperpendek siklus pemesanan, meningkatkan efisiensi operasional, serta mengontrol proses kerja untuk kelancaran bisnis.
Fitur SCM dalam ERP membantu mengelola aliran barang dan jasa secara efisien, mulai dari bahan baku hingga produk jadi. Modul ini meliputi manajemen permintaan, supplier, perkiraan penjualan, manajemen gudang, dan kontrol inventaris.
Dengan adanya SCM, akan memaksimalkan efisiensi operasional dengan mengurangi biaya, meningkatkan akurasi data, dan memastikan pengiriman produk tepat waktu.
Modul ini mendukung pengelolaan pendapatan, pengeluaran, dan aset perusahaan. Selain fitur akuntansi dasar seperti piutang, hutang, dan pelaporan, ERP menawarkan alat tambahan seperti manajemen supply chain, inventaris, hingga e-commerce. ERP memungkinkan perusahaan membuat keputusan berbasis data, menghemat waktu, dan meningkatkan akurasi laporan keuangan.
Fitur penjualan ERP meliputi sales forecasting, pembuatan penawaran, serta integrasi dengan point of sales (POS) dan e-commerce. Dengan data historis, perusahaan dapat memperkirakan tren penjualan, mengelola sales funnel, serta meningkatkan pengalaman pelanggan melalui pembayaran yang lebih mudah dan katalog online.
Fitur SDM, baik terintegrasi dalam ERP atau sebagai modul terpisah, membantu mengelola data karyawan, penggajian, dan jadwal kerja. Dengan fitur ini, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas karyawan, mengelola dokumentasi, dan menjalankan proses HR secara otomatis.
CRM membantu perusahaan mengelola data secara real time pelanggan, melacak interaksi, dan meningkatkan layanan pelanggan. Fitur ini memberikan insight yang mendukung pengambilan keputusan dalam pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan. CRM dalam ERP juga mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan untuk pengelolaan pelanggan.
Modul reporting menyediakan alat analitik untuk membuat laporan visual yang mudah dipahami, seperti dashboard, grafik, dan diagram. Fitur ini meningkatkan kualitas laporan bisnis, membantu identifikasi masalah, dan mendukung pengambilan keputusan strategis. Hak akses yang terintegrasi menjaga keamanan data penting perusahaan.
Sistem ERP yang lengkap dan terintegrasi seperti ini mampu mendukung berbagai kebutuhan perusahaan, meningkatkan efisiensi, dan mengoptimalkan operasional bisnis.
Berikut adalah daftar aplikasi ERP populer yang dapat membantu perusahaan Anda mengelola berbagai aspek operasional secara lebih efisien:
Askara ERP adalah aplikasi ERP dari Askarasoft yang sangat cocok digunakan bagi UMKM dan juga bisnis dengan skala menengah.
Dengan menggunakan Askara ERP, Anda bisa mengungkap peluang inovasi baru dengan solusi Aplikasi ERP untuk mengelola pesanan, penjualan dan juga inventaris melalui sistem terpadu.
Terdapat beberapa fitur yang ada pada Askara ERP yang wajib Anda ketahui, di antaranya:
Selain fiturnya yang sangat menarik, aplikasi ERP dari Askarasoft dirancang fleksibel, mampu beradaptasi dengan perkembangan digital, mendukung pertumbuhan bisnis yang lebih cepat, dan membantu Anda memimpin pasar.
NetSuite ERP menawarkan berbagai fitur yang fleksibel dan dapat disesuaikan untuk berbagai skala bisnis. Aplikasi ini unggul dalam perencanaan keuangan, pengelolaan sumber daya, dan kontrol rantai pasok.
Keunggulan menggunakan NetSuite ERP di antaranya:
Brightpearl dirancang khusus untuk bisnis online dan mendukung integrasi dengan platform seperti Amazon, Shopify, dan eBay. Aplikasi ini memungkinkan pengelolaan back-office secara efisien serta pembaruan data penjualan real-time.
Keunggulan aplikasi ERP Brightpearl:
ECount ERP menjadi pilihan favorit bagi bisnis kecil hingga menengah karena fitur lengkapnya yang mencakup akuntansi, penggajian, dan manajemen inventaris.
Keunggulan jika Anda menggunakan ECount ERP:
Dengan modul lengkap seperti gtCRM dan gtHR, aplikasi ini cocok untuk pengelolaan keuangan, manajemen SDM, dan inventory management.
Sage Intacct menyediakan alat keuangan bersertifikasi AICPA dengan panduan dan video tutorial untuk pemula.
Odoo ERP menawarkan solusi terintegrasi untuk manajemen proyek, CRM, dan SDM dengan lebih dari 1.000 modul yang dapat ditambahkan sesuai kebutuhan bisnis.
Workday adalah aplikasi berbasis cloud yang fleksibel untuk mengelola berbagai aspek bisnis, dari HCM hingga ERP.
Oracle mendukung analisis real-time dengan indikator grafis pada dashboard dan pendekatan cloud menyeluruh.
Aplikasi ini terintegrasi dengan CRM Salesforce, memfokuskan pada pengelolaan keuangan dan pelanggan untuk efisiensi waktu.
Pilihan terjangkau untuk UMKM dengan fitur lengkap untuk manajemen gudang dan perencanaan sumber daya.
SAP S/4 HANA mempermudah analisis bisnis secara cepat dengan integrasi real-time pada sistem basis data umum.
Dirancang untuk bisnis kecil hingga besar, mendukung multi-bahasa dan multi-mata uang dengan integrasi produktivitas desktop.
Aplikasi ini mengintegrasikan fungsi kunci bisnis seperti penjualan, manajemen material, dan SDM sesuai kebutuhan industri.
SAP EWM memaksimalkan kontrol dan visibilitas gudang dengan pengelolaan distribusi dan penyimpanan yang canggih.
Beragam pilihan aplikasi ERP ini memungkinkan perusahaan untuk memilih solusi yang paling sesuai dengan kebutuhan operasional mereka. Dengan fitur yang tepat, bisnis Anda dapat mencapai efisiensi dan produktivitas yang optimal.