Kebijakan WFH di Jakarta saat ini dapat berdampak pada rantai produksi perusahaan manufaktur. Produksi secara fisik hanyalah salah satu bagian dari berjalannya rantai perusahaan, elemen penting lainnnya adalah rantai pasokan untuk mesupply kebutuhan perusahaan.  Artikel ini akan membahas mengenai solusi menghadapi WFH dengan sistem manufaktur untuk mengelola rantai pasokan dalam perusahaan manufaktur menggunakan sistem manufaktur.

Buat kerangka rantai pasokan yang dinamis

Model perkiraan akan menentukan berapa banyak produk yang akan dibuat, berapa biayanya, dan jenis inventaris apa yang harus Anda simpan. Sebagai produsen, model perkiraan Anda akan selalu berubah. Pastikan model ini dinamis, artinya Anda dapat mengubahnya dari waktu ke waktu. Selain itu, adakan pertemuan semi-reguler dengan manajemen di perusahaan Anda untuk meninjau kembali model perkiraan Anda dan membuat perubahan yang sesuai.

Bersiaplah untuk Meningkatnya Biaya Rantai Pasokan

Biaya rantai pasokan akan selalu meningkat. Umumnya biaya yang akan meningkat adalah

  • Biaya tenaga kerja
  • Bahan bakar
  • Total biaya produksi
  • Pengiriman

Oleh karena itu, Anda juga harus bersiap menghadapi kenaikan biaya rantai pasokan di masa depan. Dapat diasumsikan bahwa biaya rantai pasokan Anda saat ini tidak akan tetap sama dalam 5 hingga 10 tahun ke depan. Pastikan Anda memiliki margin yang tepat pada produk Anda dan Anda siap untuk menaikkan harga seiring meningkatnya biaya rantai pasokan. Dengan sistem manufaktur seperti ERP 1C Drive Anda dapat membuat perkiraan biaya khusus untuk operasional, pertimbangkan untuk melacak perubahan dari tahun ke tahun. Ini akan memberi Anda gambaran kasar tentang apa yang akan terjadi di tahun mendatang.

Keterlambatan yang disebabkan oleh Mitra dan Pemasok

Gangguan kecil dari pemasok atau mitra Anda dapat menyebabkan penundaan besar dalam waktu pengiriman. Seperti yang mungkin Anda ketahui sekarang, operasi Anda sering kali berkisar pada perusahaan lain tempat Anda bekerja. Jika Anda bergantung pada perusahaan yang berbeda untuk bahan mentah, pengepakan, pengujian, penyimpanan, dan bagian dari proses fabrikasi atau penyelesaian, penundaan akan bertambah. Tantangan rantai pasokan ini dapat dikelola dan dihindari dengan memaksimalkan jumlah pekerjaan yang Anda lakukan sendiri atau menggunakan sistem manufaktur untuk melacaek ketersedian barang yang Ada. Anda akan memiliki kontrol lebih besar atas penundaan, dan Anda akan memiliki lebih banyak hal yang dapat Anda lakukan jika terjadi penundaan.

Kesimpulan

Kendala yang terjadi pada rantai pasokan belum tentu dapat selalu di prediksi, namun proses produksi anda harus siap menghadapi perubahan. Sistem manufaktur seperti ERP 1C Drive memudahkan Anda untuk menjaga kebutuhan perusahaan menjadi stabil dan dapat memperkiraan kebutuhan dimasa mendatang.

 

Aplikasi ERP - Logo

Software ERP untuk industri manufaktur, distribusi, dan jasa yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Kantor

Surabaya
Rich Palace R-27
Jl. Mayjen Sungkono 149-151
Dukuh Pakis, Surabaya

Jakarta
Tanjung Duren Barat II/18
Grogol Petamburan
Jakarta Barat

Hubungi Kami

Phone: (+62) 31 3000 6016

Mobile: (+62) 821 1696 7848

Mobile: (+62) 81 551 26074

Email: sales@askarasoft.com

Copyright © 2024 Askara Soft