Jika Anda sedang mempertimbangkan implementasi ERP, mungkin Anda sudah mendengar janji besar yang ditawarkan solusi ini. Di satu sisi, Anda memahami bahwa pemilihan dan penerapan ERP pada dasarnya rumit dan menutut sehinga Anda tau system ERP mana yang cocok Anda gunakan. Jika saat ini Anda sedang mencari vendor ERP yang dapat meyederhanakan proses dan menawarkan jaminan keberhasilan. Berikut adalah lima langkah untuk membantu mengubah proses bisnis Anda dengan ERP.

Pahami Mengapa Beberapa Proyek Implementasi ERP Gagal

Dibutuhkan banyak upaya untuk memasukkan sistem ERP baru ke dalam produksi. Anda perlu menentukan proses dan membuat alur kerja. Anda ingin memigrasikan data. Anda juga harus memahami ke mana arah bisnis dan bagaimana cara mencapainya. Organisasi Anda perlu menetapkan anggaran yang jelas, spesifikasi proyek yang terdefinisi dengan baik, dan jadwal waktu yang masuk akal, serta tetap berpegang pada tujuan tersebut.

Bersikap lugas sejak awal sangat berharga karena memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dan prediktabilitas selama masa proyek implementasi ERP. Anda tidak hanya harus realistis tentang ekspektasi gambaran besar, tetapi juga pada hal-hal spesifik yang dibutuhkan untuk proyek tersebut. Misalnya, kita semua mungkin pernah berada dalam sebuah tim di beberapa titik yang, alih-alih menetapkan ide yang ditentukan dan bergerak maju, tampaknya terus-menerus bertukar pikiran tentang konsep baru, mengubah visi, dan menyesuaikan tujuan akhir. Melakukan ini selama proyek ERP mengarah pada peningkatan biaya dan jadwal.

Atur Proses Implementasi ERP Anda

Banyak orang akan mencoba memberi tahu Anda bahwa implementasi ERP adalah tentang migrasi data. Jika Anda baru saja memindahkan data Anda ke platform ERP baru dan memastikannya berada di tempat yang tepat, maka yang lainnya hanyalah formalitas. Orang-orang itu tidak berbohong kepada Anda – data itu penting. Namun, bagaimana Anda dapat memastikan data dapat ditindaklanjuti oleh pengguna jika tidak dikirimkan sesuai dengan proses Anda?

Program ERP transformatif akan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan data secara intuitif saat mereka bekerja alih-alih harus melewati rintangan untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. 1C Drive adalah salah satu piliha system ERP yang bisa Anda gunakan.

Pemetaan dan Analisis Proses Apa Adanya

Sebelum meluncurkan sistem ERP baru, Anda perlu memetakan proses bisnis Anda yang berbeda, merinci alur kerja yang terlibat, mengidentifikasi di mana mereka bersinggungan di berbagai unit operasional dan menemukan inefisiensi. Ini tidak hanya akan membantu Anda mengetahui titik masalah yang mungkin dapat diatasi oleh solusi ERP baru, tetapi juga memungkinkan Anda mengidentifikasi fitur yang merupakan pemecah kesepakatan dalam hal fitur yang Anda perlukan agar operasi Anda berjalan lancar.

Anda tidak ingin terlalu bergantung pada penyesuaian untuk membuat sistem ERP berfungsi. Ini dapat membebani tim pengembangan Anda secara berlebihan, membuat Anda terlalu andal pada konfigurasi sistem yang sangat spesifik, atau menciptakan kerumitan yang berlebihan. Mengidentifikasi di mana proses Anda selaras dengan struktur sistem ERP – atau seberapa fleksibel platform ERP dapat menyesuaikan dengan proses Anda tanpa kode khusus – memainkan peran kunci dalam menentukan ekspektasi proyek dan memilih sistem yang tepat. 1C Drive adalah system ERP yang fleksibel untuk bisa disesuaikan dengan proses bisnis perusahaan Anda. Selain itu, alat manajemen proses bisnis khusus – atau yang dibangun ke dalam platform ERP – dapat sangat membantu dalam menyelaraskan proses Anda dengan penyiapan ERP.

Menetapkan Strategi Manajemen Perubahan Implementasi ERP

Proses implementasi ERP biasanya akan datang dengan perubahan yang luas. Ada banyak hal yang harus dipikirkan, dan Anda harus mempertimbangkan masalah keuangan, prosedural, teknis, dan tim atau karyawan Anda yang muncul di sepanjang proses implementasi ERP.

Buat Rencana Pasca-implementasi

Mungkin sulit untuk mempertimbangkan proses pasca implementasi secara memadai ketika Anda begitu fokus untuk menemukan sistem ERP yang tepat dalam menerapkannya. Namun, mengabaikan langkah kunci ini dapat membuat tim Anda kesulitan untuk merasa nyaman dengan perangkat lunak sebagai solusi sehari-hari.

Dalam kebanyakan kasus, sistem ERP akan digunakan dalam skala kecil di dalam suatu bagian tim Anda, seperti untuk mendukung departemen tertentu, untuk memastikannya berfungsi dengan baik. Penerapan sistem ERP ini mungkin terasa seperti formalitas, tetapi dapat terbukti berperan dalam memaksimalkan nilai kinerja dari perusahaan Anda.

 

Aplikasi ERP - Logo

Software ERP untuk industri manufaktur, distribusi, dan jasa yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Kantor

Surabaya
Rich Palace R-27
Jl. Mayjen Sungkono 149-151
Dukuh Pakis, Surabaya

Jakarta
Tanjung Duren Barat II/18
Grogol Petamburan
Jakarta Barat

Hubungi Kami

Phone: (+62) 31 3000 6016

Mobile: (+62) 821 1696 7848

Mobile: (+62) 81 551 26074

Email: sales@askarasoft.com

Copyright © 2024 Askara Soft